Rabu, 07 November 2007

Larut dalam Nostalgi

"Terlarut aku ke dalam nostalgi....." (KLA Project),
huehuehue...... Maknyuss pora judule... :p
Bukan tentang yang romance2 kok sobat... Begini ceritanya.......

Pagi tadi... sebelum berangkat kerja (baca : nguli), aku sempetin mampir ke sebuah tempat yang pernah menjadi saksi keimutanku..keluguanku... :p ..dan masa kecilku... Tempat di mana aku bisa tertawa dan menangis bebas di satu waktu, tanpa sedikitpun ada rasa malu...
Yups, aku mampir ke SDku. Niat & tujuan utama memang untuk nganterin titipan dari seorang guru kesayanganku, yang kukunjungi saat lebaran kemaren.
Decak kagum tentunya...setelah kuinjakkan kakiku di sana. Bangunan berubah drastis, terlihat lebih luas dan megah! Empat atau lima tahun yang lalu, saat terakhir aku berkunjung ke sana... semua belum seperti ini. Tembok2 kusam & tanaman2 tak teratur, tak kutemui lagi saat itu. Selidik punya selidik.. ternyata SDku yang dulunya SD kompleks ini (Kepatihan 1, 2, dan 3) kini di-merger menjadi satu, dan namanya pun berubah menjadi Kepatihan 1. (Hiks..nama SDku hilang...aku kan dulu Kepatihan 2 ...)
Guru2 yang mengajar pun, banyak yang sudah tak kukenali wajahnya (alias banyak guru baru). Hanya tinggal beberapa yang bertahan, termasuk Bu Emy guru kesayanganku itu....

Pertama masuk, langsung disambut Bu Atik. Guru yang mendapat gelar "mak lampir" dari temen2ku karna dandanannya yang menor + wajahnya mirip Farida Pasha (pemeran mak lampir...beneran mirip loch! Saudaranya kali ya? Hehehe...) ternyata masih mengenaliku dengan sangat jelas! Dari kejauhan.. suaranya yang lantang dah terdengar "Waah..Gesti to......!" Hehehe... "Iya Bu.... ndak pangling to...sama muridmu yang sekarang tambah cantik & imut ini..." (kalo ini dalam hati :p )
Ngobrol2 bentar...langsung kuutarakan niatku sebenarnya datang kesana, sekaligus nanyain keberadaan Bu Emy. Eh..beliaunya malah suruh aku cari aja di kelas2! Waks??! Masak dengan tampang innocent gitu.."inguk2" ke tiap kelas! Yah...tapi gmna lagi... itung2 sekalian ngelilingin skulku... :D

Lorong2 kelas yang kulewati ternyata belum banyak berubah... hanya yang dulunya berubin semen, kini sudah berganti ubin keramik. Masih inget banget.. waktu istirahat dulu... sering main "bekel" sambil duduk nglepos di bawah, bareng temen2 cewek. (Aku punya temen cowok yg jago bekelan juga lhoo... :D ) Secara lantainya masih ubin yang dari semen, alhasil tangan2 mulus dan mungil kami...harus tergores & sedikit lecet2 karnanya. Sekarang dah enak tuh..kalo buat bekelan! (tapi anak sekarang apa masih suka maen gituan ya? :D)
Atau kalo gak gitu... aku lebih suka menghabiskan waktu istirahat dengan keringat! Alias "bentengan"! (Hahaha..kalo ini mah..waktu SMK dulu juga masih sering! :p) Lari2 dan saling mengejar di lapangan sekolah yang lumayan luas itu, asyik banget! Dan kalo dipikir2....waktunya istirahat malah cari capek ya? Masuk kelas...bukane tambah seger, malah jdi loyo & kecapekan! Bonus lagi... keringat yang berbau sedap! Hehehe....
Jadi kangen banget masa2 itu....

Di tengah2 pencarianku itu (heleh!), aku ketemu juga sama guru yang selalu menyambutku di depan pagar sekolah dulu. Tak hanya itu... dialah yang slalu membersihkan dan meratakan bedak di wajahku yang selalu "mblenthong2"! :p (Kalo ini...ulah bapak. Gak tahu deh... bapak dari aku TK, paling suka makein aku bedak yang tuebel trus gak rata alias blenthong2! Katanya sih biar kliatan seger & kayak orang abis mandi!Hahaha! :p) Yah..akhirnya, Pak Hadi inilah yang jadi langganan bersihin wajahku...Hehehe...jadi malu kalo diinget2.. :">
Beliau keliatan dah berumur sekali! Pertama kali aku ucapin salam, beliau menjawab dengan ramah. "Masih ingat saya Pak...?"
"Oooo...jelas ingetlah... tapi saya lupa namanya... " (dueng! :D) Ternyata beliau lupa namaku.. murid yang berbedak blenthong2 ini... :p
Tapi setelah aku sebutkan nama... ternyata semua memory di masa lalu itu... masih terekam jelas di memorynya.... Sayang... pendengaran beliau dah mulai terganggu, mungkin juga karna faktor usia.
Dan ternyata sekarang, aku malah sekampus bahkan se-fakultas sama putri beliau (adek kelasku waktu SD dulu). Beliau bilang..putrinya tahu aku, tapi aku kok ndak tahu ya??? Hehehe... :p
Gak terlalu lama sih ngobrol sama beliau, karna aku sadar... tujuan awalku belum terpenuhi. Dan bukankah aku harus segera berangkat kerja! (baca : nguli lagi)
Selesai pamitan sekedarnya... (gak pake bersihin bedak blenthong2 lagi kok! :p), aku langsung melanjutkan pencarianku. And.... setelah celingak - celinguk gak jelas :p, ketemu juga ibundaku itu! Beliaunya lagi ngajar ternyata.... Kuketuk pintu...ucapkan salam...sambil tersenyum ala Pepsodent (kliatan gigi :D). Tanpa ba..bi..bu.. lagi, langsung kuserahkan titipan beliau itu, dan langsung pamit pulang. Karna beliaupun saat itu sedang mengajar.

Kulangkahkan kaki... menuju gerbang depan sekolah.... eh....ketemu ma sosok yang wajahnya gak asing buatku! Namun.. tubuh yang dulu terlihat gagah itu... kini berbalut keriput di sana - sini, mungkin karna termakan usia..
Cak Fuad.... penjaga kebun sekaligus waker di SDku. Gak nyangka, beliau masih bertahan di sana hingga saat ini. Kusapa dia dari kejauhan, setelah dekat..seperti biasa...dia selalu berusaha merefresh memorynya. Dan setelah itu.. tangannya yang mulai terlihat lemah...menepuk2 pundakku. Sambil bertanya kabar....
Oh iya... Cak Fuad ini dulu... pualing sering nyuwel2 pipiku! Sakit bangeeet.... sampek merah kadang2! Gmna endak... orang nyubit pake tangan dua + sepenuh tenaga! Huaaa..... pasti hbis tu, aku mringis2 kesakitan dengan pipi yang dah layaknya tomat mateng! :p
Prosesi pamitan pulang dengan Cak Fuad inilah yang paling sulit. Bener2 ditahan gak boleh pulang aku! Beliau protes, katanya setelah sekian lama gak ke sini, kok dateng2 cuma bentar..
Inginku berlama2 sebenarnya Cak...karna masih banyak sudut2 penuh kenangan di sekolah ini, yang belum aku kunjungi....
Akhirnya... beliau melepasku dengan ikhlas, karna alasan kerja yang kukemukakan....
InsyaAlloh..maen2 kesini lagi deh kapan2..... ^_^

And...perjalananku sjenak ke masa lalu, harus berakhir dulu. Waktunya jalani hari ini...
Ayo..nguli!!!! :D


*Oh iya...pulange aku sempetin mampir jugak maem bakso dan es Apokat favoritku waktu skul dulu! (dasare "maruk" bakso, biar waktu mendesak, tetep disempetin dunk! :p)

4 komentar:

mifta mengatakan...

top ges.
aku babar blass gak tau mampir ndek SD ku. meski sekarang sekilas kulihat lebih baek dari tujuh taon lalu.
sekarang cuma denger kabar berita dr ponakanku.

__ ndhree_nombezz__ mengatakan...

lak SD ku yo ngunu pisan, bangunan'e maleh (baca:berubah) jd bagus timbang dulu pas jamanku.. cucok banget sama namanya , SDN I GUDANG, hohohoho...

tp gk pernah mampir, lewat doank :D

anina mengatakan...

seru koyok e ges dulin ning sd biyen :D

mbemz mengatakan...

@mifta & ndhree_nombezz : sekali2 mampir dunk Bu... cba kumpulkan poin, apakah kau masih teringat! Hehehehe....

@anina : seru banget mbak, apalagi di episode pertemuan dgn sosok2 di msa lalu.. :D