Kamis, 06 Desember 2007

Aku bikin berita..

Review dikit tentang kegiatanku sebagai "anggota magang" di ecpose beberapa hari yang lalu. Agenda terakhir kemaren, sampe evaluasi dari tugas yang dibikin temen2 (para anggota magang).
Yaps! Kami dapet tugas bikin straight news.
Dan aku yang notabene bolos waktu materi Jenis2 Tulisan & Teknik Reportase hari Sabtu kmren, mau gak mau tetep kudu kumpulih tuh tugas!
Berbekal tanya kanan - kiri, depan belakang, tentunya tanpa malu2 atau basa - basi, tugas suci itu rampung juga! Alhamdulillah...

Dikasih info pagi, sorenya dah harus dikumpulin + dibahas! Padahal temen2 lain dapet waktu 2 hari! Huaaaa....... (Jangan salahin deh kalo aku ngangkat berita yang neko2! Hehehehe....)
Tapi tenang aja, aku gak bikin keributan atau kekisruhan hingga ada yang bisa dijadiin bahan kok! Cukup dengan muterin kampus di siang bolong ditemani "ega"ku sayang (lha dibatesin cuma sekitar kampus!), aku berusaha cari sesuatu yang bisa diliput. And..bingo! Kebetulan yang disiapin Tuhan dengan sangat cantik, waktu lewat depan PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), ada rame2 di sana. Aku baru inget, ini kan hari pembukaan Pesta Buku Murah yang diadain FS UKI(Unit Kerohanian Islam), wah..bener2 makanan empuk! =p~
Gak pake pikir lama2 langsung aja "ega" kubelokkan memasuki gerbang PKM dan menuju tempat parkir.
Sampe dalem, banyak buku tentunya! Dan harganya murah, discount up to 70% lho!! Secara belum gajian waktu itu... cuma bisa nahan air liur (yg belum menetes tentunya!)
Ternyata selain bazar buku murah, banyak forum diskusi & talk show juga! Acaranya kan seminggu, mulai 4 - 9 Des' nanti!
Keliling2 seperlunya, trus ditambah tanya2 sama mbak2 panitianya, sambil tak lupa nyolong brosur sebanyak2nya, liputan amatir ala daku pun usai! :D

Sampe kantor, lupa deh kalo belon makan! Mentelengin monitor + maen2 ma "tikus" dan "saudaranya" kurang lebih 1,5 jam and........ eng..ing..eng.... jadilah berita dadakan yang nggilani plus ngisin2i! But tak apalah, namanya juga belajar! (pembelaan mode on)
Sore menjelang malam... evaluasi dimulai. Waaa... punya temen2 pada salah semua! Mereka kebanyakan ngangkat berita olahraga, tapi unsur2 penting dalam straight news terutama 5W + 1H, banyak yang tidak terpenuhi!
Hingga tibalah giliranku, kubacakan (masih dengan pede) di depan forum hasil karya dadakanku itu!5W + 1Hnya sih dah komplit, tapi kata petinggi2 ecpose, tulisanku terjebak sama advetorial & pengumuman. Trus beritanya gak fokus, sisi mana yang ingin diangkat. Kata BF (Bang Fandi) juga, tulisanku belum mengulas implikasi dari pembacanya. Yah.....salah deh........
Tapi gak papa, kesalahan kan gerbang awal menuju kesuksesan! ;)
Oh iya, yang terpenting lagi dari sebuah tulisan adalah news value nya! Ada 6 nilai berita yang kutahu : penting, besar, waktu, kedekatan, tenar, & human interest. Semakin terpenuhi news valuenya, semakin berbobot tuh berita!

Fiuuuuh... nulis tu ternyata sulit pisan euy........

*Gesti mah biasanya nulis sesuka "udel"nya. Asal keluar...asal terlontar! :p

1 komentar:

januar surya mengatakan...

thank's sharing infonya gan.

www.kiostiket.com