Rabu, 02 Februari 2011

Purple Day

Pernahkah mengalami sesi perkuliahan yang rasanya sudah seperti pesta kostum ? Di mana semua hadirinnya, memakai kostum dan pernak pernik yang identik sama. Itu terjadi beberapa hari yang lalu. Di salah satu jam praktikum di kampusku. 
Tepat seusai maghrib, kumasuki halaman kampus yang sudah mulai penuh celoteh dan lalu lalang para mahasiswa kelas sore sepertiku. Jam pertama ini, adalah praktikum di labotorium A yang letaknya di sebelah selatan gedung utama. Kubelokkan motor kesayangan menuju lahan parkir. 
Tak begitu mengamati satu per satu, teman - teman sekelas ternyata sudah membentuk semacam gerombolan di dekat pintu keluar lahan parkir. "Pasti sedang membahas tugas", batinku menggumam. Sesaat setelah memastikan motorku terkunci dengan benar, kuhampiri gerombolan mereka. Sambil mengucap salam, dan meringis khas seperti yang biasa kulakukan untuk menyapa kawan - kawanku.

"Weleh...ungu rekk... janda..janda....", seloroh Hariz, teman sekelas yang paling banyak bicara menurutku.
"Opo ae to yoo....", kutimpali selorohnya sambil tersenyum.

Tak lama kemudian, datang Ayu, dan disusul oleh Yanti di belakangnya. "Iki dino opo seh? Kok semua cewek2 pada pake ungu?", Pak Soleh ikut bersuara.
Tanpa sadar, kami para perempuan di gerombolan itu, saling mengamati satu sama lain. Terdiam sejenak, lalu tertawa bersama. Kami baru sadar, kami berlima saat itu, Heny, Cici, Ayu, Nurul, dan aku, memakai baju dengan warna yang sama, ungu.
"Wah kudu dipoto sek iki engko... jarang2..." Cici menimpali dengan semangat.
"Iya.. iya... ini tanggal berapa se, kok bisa kita kompakan gini tanpa rencana....Wajib dicatet iki!" Ayu ikut - ikutan tak kalah menggebu.
Sambil masih tersenyum - senyum gerombolan kami mulai memecah dan membentuk barisan tak beraturan, berjalan menuju laboratorium. Karna beberapa menit setelah itu, sebuah sedan berwarna gelap melintas. Dan kami tahu, itu mobil yang biasa membawa Bu Yeni, dosen praktikum kami.

Di dalam laboratorium, dengan lampu penerangan yang cukup, semakin terlihat ungu - ungu bertebaran di mana - mana. Terlihat manis dan cantik sekali ( Sejak kapan aku jadi kagum sama warna ini.. hadeehh... >,< ) Kami sengaja duduk menyebar seperti biasa. Biar adil dan merata, begitu kata teman - teman. Mengingat kaum hawa di kelas kami yang hanya 7 gelintir. Tak berselang lama, Bu Yeni masuk kelas.
"Assalamu'alaykum...." seperti biasa, Bu Yeni memasuki kelas sambil menyapa kami dengan tas ransel besar di punggungnya. 
"Wa'alaykumsalam..... lho yaaa......." serempak, salam yang seharusnya cukup Wa'alaykumsalam itu, jadi mendapat imbuhan kalimat - kalimat seru dari kami. Dan tahu karna apa?
Tanpa kami duga - duga, ternyata Bu Yeni juga memakai baju berwarna ungu............... :D




1 komentar:

Gie mengatakan...

..biar tak kasih tau sesautu ya, tapi diem diem saja.

ungu itu: cantik, misterius .. ^ ^